NO.
|
KONSEP
|
MAKNA
|
1.
|
General
education
|
Pendidikan
Pemberdayaan peserta didik pada umumnya
|
2.
|
Special
Education
|
Pendidikan
pemberdayaan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus sesuai dengan
kebutuhan ketidakmampuannya (di Amerika pendidikan khusus tidak dipungut
biaya kepada orang tuan). Pembelajaran didisain secara khusus baik itu di
sekolah, di rumah, dirumah sakit, di institusi atau tempat lain dan juga
pembelajaran olah fisik
|
3.
|
Children with
special needs
|
Anak yang memiliki Fisik, indrawi,
sosial, emosional anak berkebutuhan khusus yang berada atau menyimpang di
bawah kurva normal secara signifikan sehingga memerlukan pendidikan khusus
agar dapat tumbuh dan berkembang secara sosial,psikologis, ekonomi, budaya,
dan religi bersama-sama dengan masyarakat di sekitarnya
Diakibatkan oleh gangguan dan atau
hambatan yang bersifat permanen bukan penyakit
ABK bukan anak sakit bukan
penyembuhan yang diperlukan tetapi pelayanan pendidikan khusus
|
4.
|
General
education teacher
|
Profesional
yang berpengetahuan tentang harapan tercapainya kurikulum pada tingkat level
tertentu di sekolah pada umumnya atau yang tertuang dalam kurikulum sesuai
standar nasional. Para profesional ini yang biasanyan bertangguang jawab
untuk mengimplementasikan disain pembelajaran yang universal ( UDL) yang
memungkinkan siswa-siswa yang berbeda ini untuk sukses.mereka mengatur
lingkungan belajar sosial di kelas yang khas.
|
5.
|
Special
education teacher
|
Profesional
yang melengkapi siswa dengan kebutuhan khusus pembelajaran dan dukungan yang
diprogram secara khsusus sesuai kebutuhan perhari (day-to-day)
|
6.
|
Related
services
|
Kendaraan dan
sepeti pelayanan yang berhubungan dengan perkembangan, memperbaiki, atau
pendukung lainnya ( termasuk pelayanan ilmu penyakit berbicara/bahasa dan
pendengaran, pelayanan psikologi, terapi fisik dan okupasi,rekreasi, termasuk
rekreasi yang mengandung unsur terapi, pelayanan pekerja sosial, pelayanan
konseling, termasuk konseling rehabilitasi, pelayanan yang bergerak dan
terarah, dan pelayanan medis, kecuali pelayanan medis yang hanya untuk tujuan
diagnostik dan evaluasi) yang mungkin diperlukan untuk membantu anak yang
memiliki ketidakmampuan untuk memperoleh pendidikan khusus, termasuk identifikasi
dini/awal dan assesment terhadap ketidakmampuan anak tersebut.
|
7.
|
Supplementary
Aids and services
|
Pertolongan/bantuan,
pelayanan, dan dukungan lain yang dilengkapi di kelas reguler atau disain
pendidikan lain untuk memungkinkan anak yang memiliki
ketidakmampuan/kebutuhan khusus memperoleh pendidikan/belajar dengan anak
lainnya yang normal untuk mengoptimalkan kemampuan anak sesuai dengan
kemampuannya
|
8.
|
Zero reject
|
semua anak
dengan ketidakmampuan(disabilities) walaupun yang berada di sekolah
tersendiri, bebas untuk memperoleh penolakan dari lingkungan tempat ia
tinggal maupun dari sekolah, termasuk anak dengan penyakit AIDS atau penyakit
berat lainnya. Anak-anak ini juga memiliki hak untuk memperoleh pendidikan.
|
9.
|
Free
Appropriate Public education
|
Pelayanan
pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus bebas dari biaya. Orang tuan dan
keluarga tidak perlu membayar untuk pendidikan khusus apapun. Jika terdapat
siswa yang harus bersekolah/memperoleh pendidikan di luar disctrictnya, maka
sekolah district itu yang harus menanggung biaya pendidikan hingga
transportasi.
|
10.
|
Least
Restrictive environment
|
siswa yang memiliki
ketidakmampuan/kebutuhan khusus harus dapat memiliki kesempatan untuk
memperoleh pendidikan bersama-sama dengan siswa non-disable lain yang sebaya.
Mereka harus memperoleh akses terhadap kurikulum dari pendidikan umum, atau
program lain yang dapat diakses oleh anak-anak normal pad umumnya. Siswa
harus dilengkapi dengan program pertolongan dan pelayanan khusus sesuai
kebutuhan siswa sesuai ketidakmampuannya, agar dapat mencapai tujuan
pembelajaran ketika berada di sekolah umum bersama siswa lainnya yang normal
pada umumnya.
|
11.
|
Nondicriminatory
evaluation
|
hak bagi siswa
dan orang tua untuk mendapatkan assessment apapun yang lengkap untuk proses
pengambilan keputusan pendidikan khusus yang tidak bias.kasus yang dijamin
pengadilan adalah :
è
Tes yang tepat sesuai usia dan
karakteristik anak
è
Lebih dari satu tes yang digunakan
ketika melakukan asesment yang menunjukkan ketidakmampuan anak
è
Pengelola serta penafsir hasil
asesmen yang profesional dan berpengatahuan
è
Assessment terjadi/dilakukan di
semua area yang dicurigai sebagai ketidakmampuan
|
12.
|
Parents and
family rights to confidentiality
|
Hak orang tua
dan keluarga untuk melihat dan mendapatkan kopian semua rekaman yang berhubungan
dengan ketidakmampuan anak dan mempermasalahkan informasi yang dirasa tidak
akurat.
|
13.
|
Procedural safe
guards
|
usaha
perlindungan yang dirancang untuk melindungi hak-hak orang tua dari anak
dengan ketidakmampuan dan disaat yang bersamaan memberikan keluarga dan
sistem sekolah beberapa mekanisme sebagai pemecahan masalah/perselisihan
|
14.
|
Segregative
education
|
sistem layanan
bagi anak berkebutuhan khusus yang terpisah dari pendidikan pada umumnya
(general education)
|
15.
|
Mainstreaming
|
Pendidikan bagi
anak berkebutuhan khusus dalam kelas reguler melalui periode waktu khusus
sesuai dengan kemampuan anak. Dalam artian kelas reguler dikombinasi dengan
kelas khusus.
|
16.
|
Inclusive
education
|
Layanan
pendidikan yang mengajak semua siswa bersama dalam satu kelas, tanpa
memperhatikan kekuatan atau kelemahan di area manapun dan mengoptimalkan
potensi semua siswa. Inklusi adalah usaha yang dilakukan untuk meyakinkan
siswa yang berbeda (berkebutuhan khusus , berbeda budaya dan bahasa, berbeda
negara, berbeda minat dan cara belajar) setiap siswa dapat terlayani secara
individual. Sekolah inkusif mengajak guru untuk melengkapi dukungan dan
layanan yang tepat untuk setiap anak sesuai kebutuhan. Kurikulum yang
digunakan adaptif berbasis penelitian.
|
17.
|
Individualized
education programs
|
program
pendidikan yang dirancang oleh guru khusus sesuai dengan kebutuhan invidu
anak berkebutuhan khusus. Atau dengan kata lain program pendidikan yang
diindividualkan. Guru kelas juga perlu mengetahui tentang program ini agar
dapat bersama-sama dengan guru pembimbing khusus mencapai tujuan pembelajaran
yang sudah dirancang dalam IEP dan kurikulum general.
|
18.
|
Positive
behaviour support
|
sebuah dukungan
positif berupa rancangan intervensi perilaku, rancangan yang dibuat untuk
mengurangi prilaku negatuif, meningkatkan perilaku bersemangat, dan membantu
siswa memperoleh akademik yang lebih baik kualitas sosial dalam hidup
|
19.
|
Response to
intervention
|
guru harus bisa
melakukan diagnosis pedagogis, melalui asesment, evaluasi à pendidikan harus berdasarkan responsif terhadap anak didik.
Didisain sesuai dengan kebutuhan dan sering melakukan screening.
|
20.
|
Early
Intervention
|
Sistem
pelayanan terkoordinasi yang mendukung kesesuaian pertumbuhan dan
perkembangan anak sesuai usianya dan mendukung keluarga selama melewati masa
kritis. Dukungan dan sistem pendidikan ini diberikan kepada anak yang diduga
memiliki resiko atau terhambat perkembangannya, atau anak yang diduga
mengalami gangguan perkembangan. Namun tidak hanya terbatas pada anak-anak
tersebut. Intervensi dini dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan
perkembangan anak nprmal pada umumnya.
|
Sabtu, 06 Juni 2015
makna konsep-konsep terkait dengan pendidikan khusus (special education)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar